Trending Topic

IAI Dalwa

Cerpen

Opini

Post Page Advertisement [Top]

Jum'at (10/3/17), II aliyah Pondok Pesantren Darullugah Wadda’wah kali ini mengadakan acara workshop SPM dengan tema pembekalan santri praktek mengajar, kegiatan tersebut bukan hal yang baru diperuntukkan kelas II aly tetapi sudah ada sebelumnya untuk kegiatan ini mengalami perbedaan dari tahun sebelumnya dengan mengadakan kegiatan tersebut sampai tiga kali untuk pertama kalinya.
acara ini resmi dibuka pada pukul 07:30 Wib oleh Ust.Sholehuddin, M.H.I (sebagai penanggung jawab SPM) dan dihadiri juga Ustadz Shahri Sammuddin, M.H.I  serta Wakil Rektor Ustadz Imaddudin (sebagai sekretaris SPM). Dan dilanjutkan pengisian materi pembekalan yang disampaikan oleh Ust. Shafi Asnafi, M.Pd.I dengan tema “toriqotut ta'alum billughotul 'arabiyah”.
            Kemeriahan SPM tahun ini mulai tampak berbeda dari SPM tahun sebelumnya pada jumat siang, yaitu berbagi pengalaman. Dihadiri 6 narasumber yaitu Habib Hasan as-Segaf, Habib Hasan bin Sahal, al-Mutakhossis Abdul Latif, Ustadz Jamaluddin, Akh Zen (Prigen), Akh Rozikin (Wakil Orsada). Dalam membagi pengalamanya, Habib Hasan as-Segaf memotivasi SPM tahun ini. “Kalian haruslah menjadi kokoh dengan manhaj Dalwanya jangan sampai hilang manhaj Dalwanya dan selalu mudah menerima sikap dan perkataan orang dengan hati yang lapang di tempat nanti” tangkas beliau, ”jadilah seperti batu karang yang kokoh walau ombak berombang ambing” lanjut Habib Hasan melengkapi perkataannya.
Yang kian menambah semarak adalah ketika acara ini pada malam diadakan seminar pembekalan, pembicara Ustadz Imaduddin, dengan tema “Macam –Macam Mukholafah”. Ustadz Imaduddin mewanti – wanti kepada seluruh santri tugas SPM agar tidak melakukan pelanggaran di tempat tugas yaitu pacaran, menikah ditempat tugas. Dilanjut pemateri yang kedua yaitu Ustadz Fauzi Hamzah M.Pd.I.
SPM tahun ini berjumlah 105 santri yang duduk kelas II aliyah, jumlahnya lebih sedikit dari SPM tahun sebelumya.      
Adapun SPM ini pada awalnya tidak ada diadakannya karena banyak sekali permintaan dari pondok-pondok ingin mengambil guru tugas dari DALWA dalam mengembangkan bhs Arab di pondok-pondoknya. 

Adapun tujuan SPM adalah supaya anak-anak paham kekurangan-kekurangan  selama di pondok sebelum terjun ke masyarakat, nantinya bisa di benahi kekurangan itu ketika pulang ke pondok, kita disana diajarkan lebih dewasa lagi dengan mengajari santri – santri bahkan mengurusi pondok yang ditempati nanti.
| Designed by lpmdalwa |Privacy Policy Map
close