Trending Topic

IAI Dalwa

Cerpen

Opini

Post Page Advertisement [Top]

Qism Dakwah adalah organisasi yang bertugas menjalankan segala kegiatan pondok pesantren yang bersifat ibadah dan da’wah seperti Shalat, Wirid dan Muhadarah dan lain sebagainya. Qism Dakwah berdiri sejak masa Abuya Hasan Baharun hingga saat ini, pada tahun 2013 Qism Dakwah mengalami perkembangan yang sangat signifikan seperti : teraturnya kegiatan khutbah mingguan dan safari dakwah ke desa-desa di Pasuruan. Adapun Departemen bagian Qism Dakwah saat ini dipimpin oleh:  Ustadz Edi Mahmud yang diwakili Ustadz Helmi, Ustadz Adnan. Adapun ketua Qism Dakwah dari Orsada pada tahun ini adalah Habib Ishak al Idrus. Kantor Qism Dakwah bertemat diatas kantor Qism Tahfidz dalam kompleks pondok pesantren Darullughah Wadda’wah.
Program Qism dakwah terbagi menjadi dua yaitu 1.Program yang Internal 2.Program Eksternal. Adapun program internal yaitu latihan pidato dan khutbah jumat disetiap malam senin, Mengatur jadwal khutbah di masjid Baitul Ghafar, Mengatur jadwal imam Shalat Jumat di masjid Baitul Ghafar, Mengatur jadwal baca al-Quran di makam, mengatur jadwal pembacaan maulid disetiap pekannya.
Adapun program eksternalnya yaitu Mengirim santri kedesa-desa sekitar Pasuruan untuk mengisi majlis taklim dan kegiatan bersifat dakwah yang diadakan pada hari kamis dan jumat disetiap pekannya, Mengirim Asatidzah ke masjid-masjid sekitar pondok dan daerah Bangil, Rembang dan desa lain untuk khutbah jumat .
Berjalannya program internal dan eksternal ini tidak lepas dari dana yang didapatkan dari iuran santri sebesar Rp2000,- perbulan, para simpatisan dan pondok pesantren. Semua kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses dengan minimalisir kendala berupa : dana yang kurang cukup, kurangnya kendaraan untuk program eksternalnya.
Visi & Misi
Visi :
- Menjadikan lembaga pendidikan islam sebagai pusat pemantapan akidah, pengembangan ilmu,  amal dan akhlak yang mulia
-          Menjadi lembaga pendidikan islam yang dibangun atas dasar yang kokoh dalam upaya mengembangkan kehidupan islam dengan faham ahlusunnah wal jamaah
-          Menjadi lembaga pendidikan islam dalam pendidikan dan pengembangan dakwah serta pembinaan generasi ummat islam.
 Sebagai wadah untuk melatih para santri dalam berdakwah di masyarakat
Misi :
-          Membina santri agar memiliki keimanan yang kuat dan tangguh serta berilmu tinggi
-          Membekali santri dengan berbagai keterampilan dalam berdakwah sehingga mampu menghadapi perkembangan global.
-          Mempersiapkan santri menjadi generasi penerus kepemimpinan rasulullah yang berwawasan luas.
Adapun program besar yang sudah tercapai yaitu : Mengadakan acara akbar berupa Grati Beshalawat untuk penutupan safari dakwah dan  meluasnya wilayah dakwah hingga 6 desa sekitar Pasuruan seperti desa Plososari, KarangLo, Rebalas, Sekarmojo, gerbo dan lain sebagainya.

 

Narasumber : Ustadz Helmi
Fb :Izzudin abdussalam


| Designed by lpmdalwa |Privacy Policy Map
close