Trending Topic

IAI Dalwa

Cerpen

Opini

Post Page Advertisement [Top]

DalwaFahriIAIDalwalpmdalwaNews

Bahas Resep Kemajuan Pendidikan Bahasa Arab di Dalwa | lpmdalwa | dalwa


Bangil- Untuk sekian kalinya, IAI Dalwa mendapat kunjungan. Kamis,(27/12/18), Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah Yogyakarta melakukan observasi yang bertajuk Silaturrahim dan Rihlah Ilmiah Mahasantri. Acara yang diselenggarakan di Ravva Room Dalwa Hotel ini, membahas tentang resep kemajuan pendidikan bahasa Arab di Dalwa.”Perkenalan saya dengan Dalwa dimulai pada tahun 2014. Pada saat itu, UGM mengadakan perlombaan debat bahasa Arab. Kami lihat Dalwa sebagai partisipan, Tampil begitu gemilang dan berhasil menggondol juara 1. Tidak hanya itu, Dalwa juga tampil sebagai juara umum. Dan dari sini, Saya penasaran dengan sistem pengajaran yang dilakukan Dalwa dalam menggembleng santri-santrinya, untuk mahir berbahasa Arab”.  Ujar Bpk. Muhadjir, L.c selaku ketua rombongan.
            Acara dimulai pukul 13.15 WIB. Turut hadir didalamnya, Ust. Sholahuddin, M.HI selaku Dekan Fakultas Syari’ah, Ust. Fauzi  Hamzah, M.Pdi (Wakil Rektor III), Ust. Imaduddin, M.Pd.I (Wakil Rektor I), Ust. Makki Lazuardi, l.c dan Ust. Hasan Basri bin Muhammad (Musytasyar Qism Lughah Ponpes Dalwa). Ust. Fauzi Hamzah yang bertindak menjadi MC mengucapkan rasa terima kasih kepada segenap rombongan, atas kepercayaannya dalam menjadikan Dalwa sebagai obyek observasi.
            Acara diawali dengan pemutaran profil Dalwa, yang dimotori oleh DMM. Dilanjutkan dengan acara inti yang bertajuk Sistem Materi Pendidikan dan Pengembangan bahasa Arab, dengan pembicara  Ust. Hasan basri bin Muhammad. Dalam penyampaiannya, beliau menjelaskan tentang kiat-kiat mahir berbahasa Arab Seperti banyak menghafal mufrodat, istima’,  dan yang terpenting adalah berani mempraktekkan mufrodat yang telah kita hafal. Langsung disambung dengan naarasumber kedua oleh Ust. Makky Lazuardi, l.c. Beliau berpesan kepada segenap partisipan agar tidak silau dengan sarana dan prasarana. ”Sarana itu penting, tapi ketidak adanya jangan jadi alasan untuk menyerah”. Ungkap beliau.
            Acara di akhiri dengan sesi tanya jawab untuk para audien, dan ditutup dengan pemberian secara simbolis, kitab-kitab karangan Abuya Hasan, oleh Ust. Fauzi Hamzah, M.Pdi dan penyerahan cinderamata oleh Bpk. Muhadjir, L.c perwakilan ma’had Aly Tarbiyat Muhammadiyah Yogyakarta.
Dengan event ini diharapkan dapat memperkuat ukhwah islamiyah dan memperkuat hubungan antara lembaga kami dengan Dalwa khususnya. Pungkas Suryo selaku partisipan. Fakhri/red

| Designed by lpmdalwa |Privacy Policy Map
close