Karya Santri

Bahasa Arab

Resensi

IAI Dalwa

Cerpen

Opini

Dalwa File

Event

Wawancara

Santri Prestasi

Post Page Advertisement [Top]

artikelDalwalpmdalwaOPINIwildan

Mengenal Unicorn dan kakaknya | LPMDalwa | DALWA



Sempat menjadi trending topic indonesia versi twitter tentang unicorn. Sebenarnya istilah unicorn adalah istilah yang biasa digunakan dalam dunia startup yang telah mencapai nilai valuasi lebih dari 1 miliar dollar AS, atau setara dengan 14,46 triliun rupiah.
Valuasi adalah nilai ekonomi dari bisnis yang digeluti suatu perusahaan rintisan (startup). Valuasi biasanya dijadikan acuan untuk mengukur seberapa besar potensi bisnis sebuah perusahaan
Pemberian nama unicorn ini pertama kali diperkenalkan oleh pemodal kapital Aileen Lee pada tahun 2013. Lee menggunakan istilah unicorn untuk mendefinisikan perusahaan teknologi yang dinilai memiliki ide dan solusi tak biasa dengan valuasi lebih dari US$1 miliar.
Ternyata istillah penggolonggan startup berdasarkan nilai valuasinya tidak berhenti sampai kategori unicorn saja, tetapi unicorn juga memiliki istillah “kakak” bagi start-up yang telah melampaui status unicorn.
Bagi startup yang telah memiliki nilai valuasi lebih dari 1 milliar dollar US, dan mampu untuk terus meningkatkan nilai valuasinya hingga menyentuh 10 Milliar Dollar US, maka status startup tersebut berubah menjadi Decacorn dengan total nilai valuasi lebih dari 10 Milliar Dollar US
Startup berstatus decacorn pun masih bisa ditingkatkan hingga mencapai status Hectocorn yang memiliki nilai lebih dari 100 Milliar Dollar US.
katadata.co.id melansir total startup di Indonesia berjumlah 992 startup, dari sekian banyak startup yang ada, Indonesia memiliki 4 startup dengan status unicorn diantara 7 unicorn di asia tenggara.


Menempati urutan pertama startup yang telah mencapai status unicorn dari Indonesia adalah Tokopedia dengan nilai valuasi US$7 miliar dan total pendanaan US$2,4 Milliar

. Diurutan selanjutnya mengejar Go-jek dengan nilai valuasi US$5 Miliar dan total pendanaan US$2,2 Milliar.  


Diurutan ketiga ada Traveloka dengan nilai valuasi US$2 Miliar dan total pendanaan US$500 Juta
.

 Diurutan keempat ada Bukalapak nilai valuasi US$1 Miliar dan total pendanaan US$50,1 Juta.


Seperti yang telah dibahas diatas, bahwa unicorn memiliki kakak yang memiliki nilai valuasi lebih tinggi dari pada adiknya yaitu Decacorn. diantaranya yang sering kita jumpai adalah:

  • Grab (US$11 miliar)

  • Pinterest (US$12,3 miliar)

  • Uber (US$72 miliar)



Adapun mereka yang menduduki status Hectacorn, kehadiran mereka sudah tidak asing lagi bagi kita, seperti: Google(1.126,51), facebook,  Microsoft(108,17), Apple (170,93)

            Menukil dari techinasia.com, dua perusahaan investasi di Asia yang bernama Pelago Capital dan Nikaia Ventures mengelompokkan para startup di Asia Tenggara ke dalam beberapa kategori berikut:

Kings – Para startup yang telah menjadi pemimpin di bisnis mereka masing-masing.
Warlords – Beberapa perusahaan yang masih bersaing untuk menjadi juara di sebuah vertikal bisnis.
Magic PoniesStartup yang mendukung perusahaan besar, dan siap menjadi Unicorn berikutnya.
Gladiators – Beberapa perusahaan yang bersaing di industri yang hanya memungkinkan tempat untuk satu pemenang.
Anomalies/OutliersStartup yang unik, tidak ada bisnis yang serupa dengan mereka di Cina.

            Pelago Capital dan Nikaia Ventures berusaha menunjukkan bahwa perkembangan startup di Asia Tenggara saat ini lebih menyerupai perkembangan startup di Cina, bukan startup di Sillicon Valley. Berikut infografiknya:

Jadi, setelah kita mengetahui unicorn dan kakak-kakaknya semoga ini dapat menambah wawasan kita dn membuka pintu pengetahuan yang lebih luas untuk kemajuan Indonesia. Mungkin di kemudian hari juga akan muncul startup yang diolah oleh santri.Wildan isma/Red.


| Designed by lpmdalwa |Privacy Policy Map
close
Banner iklan disini