Trending Topic

IAI Dalwa

Cerpen

Opini

Post Page Advertisement [Top]

IAIDalwalpmdalwaNewssyahrul

Menuju Universitas Dalwa; Susah Namun Alhamdulillah | LPMDalwa | Dalwa

Foto oleh Fikri


Bangil,Dalwa Berita- Dalwa nampaknya telah siap menanggalkan status institutnya untuk menuju ke jenjang universitas. Isu ini menjadi topic utama dalam pertemuan Reuni Akbar Bem IAI Dalwa yang bertajuk duduk bareng lintas generasi (21/02/19) di rava room dalwa hotel syariah. Terlihat hadir Habib Lutfi Alhabsi, Ust. Syamsul dan beberapa anggota BEM lintas generasi.
            Pada awal perintisannya, perguruan tinggi Dalwa bekerja sama dengan STAI Panca Wahana Bangil sebagai partner pengembangan perguruan tinggi yang pada saat itu masih berstastus sebagai STAI Dalwa. Setelah dirasa mampu untuk berdiri sendiri STAI Dalwa akhirnya memisahkan diri dan menjadi perguruan tinggi mandiri. Prestasi dalwa terbilang pesat, pasalnya pada tahun ini (2019)  STAI Dalwa telah bertranformasi menjadi IAI Dalwa dengan delapan prodi dan telah mempunyai progam Pascasarjana serta Doktoral.
Dalam pertemuan bersama Ust. Syamsul, beliau menyampaikan harapan besar Abuya Al Habib Ali Zainal Abidin Bin Hasan Baharun untuk menjadikan IAI Dalwa menjadi universitas Dalwa. Beliau juga menyampaikan ”secara sarana-prasarana kita tidak begitu berbeda dengan standarisasi yang diterapakan di universitas swasta. Bahkan ada juga universitas yang prasarananya di bawah Dalwa”. Pengembangan IAI Dalwa menuju Universitas nampaknya bukan hanya sekedar harapan semata pasalnya dalam beberapa segi, Dalwa telah siap untuk menjadi universitas. Pengembangan ke arah universitas tak ubahnya seperti pertama kali mendirikan progam doktoral di Dalwa, susah namun Alhamdulillah bisa berjalan lancar, imbuh beliau. Pada intinya yang harus menjadi fakus utama dalam pengembangan universitas adalah tentang budaya akademis, termasuk di dalamnya adalah lembaga penelitian yang maju.
Dispensasi untuk universitas swasta dibanding universitas negeri juga cukup menonjol. Untuk sekelas universitas negri itu membutuhkan lahan sekitar 30 hektar sedangkan universitas swasta hanya membutuhkan 1 hektar saja, dan jika mau di bandingkan dengan universitas negeri, swasta jelas lebih ringan dalam beberapa sisi. Hal inilah yang juga turut membantu dalwa menjadi Universitas Dalwa.Syahrul/Red


Foto oleh Fikri

| Designed by lpmdalwa |Privacy Policy Map
close