Trending Topic

IAI Dalwa

Cerpen

Opini

Post Page Advertisement [Top]

DalwaFananihotlpmdalwaNews

Inovasi Belajar Bahasa Arab di Daurah Ramadhan 1440 H



Bangil, Dalwa Berita Memaksimalkan moment di bulan Ramadhan, Ponpes Darullughah Wadda'wah mengadakan acara Dauroh Ramadhan Litta'limil Lughotil Arobiyah yang dibuka pada hari Ahad (05/05/2019) di masjid Baitul Ghofar Ponpes Darullughah Wadda'wah.  Ada yang berbeda dari acara rutin tahunan ini dalam segi akses pendaftaran yang menggunakan sistem Online melalui aplikasi Dalwa Berita yang bisa didownload melalui Playstore dan tamu yang hadir di acara pembukaan ini, adapun pembukaan dihadiri langsung oleh Habib Muhammad Al Kaff dari Hadromaut dan juga keluarga besar pondok yang dihadiri oleh Habib Ali Baharun, Ustadz Hasan Basri selaku Ketua Departemen Bahasa Arab di Ponpes Darullughah Wadda’wah, Ustadz Ismail Ayyub selaku Ketua Departemen Kesiswaan, Habib Ali bin Abu Bakar Assegaf dan juga peserta Dauroh sebanyak 800 orang dari puluhan pondok se-Indonesia. Acara pun dilanjutkan dengan kata sambutan dari keluarga besar Ponpes Darullughah Wadda'wah yang diwakili oleh Habib Ali Ridho Baharun seraya mengungkapkan bahwa beliau menjadi sangat terhormat dengan datangnya para santri yang belajar Bahasa Arab, dengan landasan Rasulullah SAW bersabda:
 سيأتي عليكم أقوام من أقطار الأرض يتفقون في الدين  فاستوصوا بهم خيرا وعلموهم ما علمكم الله
 “Akan datang suatu kaum dari berbagai belahan dunia, Mereka belajar agama, maka berbuat baiklah pada mereka dan ajar kan mereka apa yang di ajarkan allah pada kalian”

Dan juga beliau menceritakan pengalaman belajar beliau saat di Madinah, beliau sangat cepat memahami pelajaran yang diberikan, ketimbang orang-orang Indonesia lainnya. Disebabkan karena beliau sudah menguasai Bahasa Arab ketika masih di Ponpes Dalwa. Maka tidak heran, jika beliau lebih cepat dalam memahami pelajaran dari pada teman-teman beliau. Karena Abuya Habib Hasan Baharun memiliki prinsip, jika ingin belajar ke luar negeri harus selesai pondoknya. Sehingga murid-murid Abuya cepat memperoleh ilmu dan sukses, serta menuai banyak pujian dari guru-guru di tempat mereka melanjutkan studi. Maka tidaklah salah Abuya Al habib Hasan bin Ahmad Baharun pendiri pondok pesantren Darullughah Wadda’wah dalam prinsip itu untuk mematangkan Bahasa Arab telebih dahulu ketika di Dalwa. Dalam sambutan tersebut, beliau memberikan cara sukses berbicara Bahasa Arab dengan dua hal, yaitu praktek dan niat yang sungguh-sungguh.Vanny Rahman, S.H/Red.




| Designed by lpmdalwa |Privacy Policy Map
close