Trending Topic

IAI Dalwa

Cerpen

Opini

Post Page Advertisement [Top]

atepDalwalpmdalwaNews

Habib Ali; Nabi Ibrahim Mendahulukan Cinta Allah dari Segalanya


Bangil, Dalwa Berita- Dalam rangka mengikuti syari’at Nabi Muhammad SAW, pada hari Ahad (11/08/2019) seluruh santri dan asatidz melaksanakan sholat ‘idul adha di Masjid Baitul Goffar Ponpes Dalwa. Abuya Habib Zein bin Hasan Baharun selaku mudirul ma’had (pimpinan pondok) memimpin langsung ibadah yang dilaksanakan satu tahun sekali tersebut. Sedangkan yang bertindak sebagai khotib adik beliau Habib Ali bin Hasan Baharun yang juga merupakann pimpinan Ponpes Dalwa Ba’alawi.
Dalam khutbahnya, beliau memaparkan ujian-ujian berat yang menimpa Nabi Ibrahim AS, sehingga mendapatkan kedudukan tinggi di hadapan Allah SWT.
“Nabi Ibrahim tidak pandang bulu dalam berdakwah di jalan yang benar, walaupun itu ke ayahnya sendiri.” Habib Ali menegaskan “Ujian terus menimpa Nabi Ibrahim, beliau berkeluarga lama. Berkeluarga lama tapi tidak mempunyai anak sampai usia ke-86 tahun. Setelah itu barulah Allah memberi kabar gembira bahwa akan lahir darinya anak yang bernama Ismail.” tambah Beliau.
“Disaat sedang bahagianya berkeluarga, Allah memerintahkan kepada Nabi Ibrahim agar istri dan anaknya ditinggal di Makkah, sebuah kota yang tandus, bahkan air pun tidak ada.” Habib Ali mengisahkan lebih lanjut bahwa Allah memerintahkan kepada Nabi Ibrahim melalui mimpi untuk menyembelih anaknya yang berusia sekitar 7 tahun saat itu.
“Dari kisah Nabi Ibrahim AS, kita mendapat pelajaran bagaimana Nabi Ibrahim mendahulukan cinta dari segala-galanya.” Ujar Habib Ali menyimpulkan.
Setelah khutbah usai, acara ditutup dengan berbondong-bondong berziarah ke Dhorih (makam) muassis ma’had (pendiri pondok) Abuya al Habib Hasan bin Ahmad Baharun yang dipimpin langsung oleh kholifah beliau Abuya Habib Zein bin Hasan Baharun.
Ahmad Ashar Bashir, santri asal Banjar mengungkapkan “Setelah mendengar khutbah tadi, saya termenung dengan pengorbanan para pendahulu kita tentang ketaqwaan kepada Allah SWT. Atep/red.

| Designed by lpmdalwa |Privacy Policy Map
close